Hal Ini Wajib Anda Cermati Sebelum Memilih Jasa Ekspedisi

jasa pengiriman barang murah (2)Kian menjamurnya ekspedisi murah memberikan pilihan beragam bagi para konsumen. Tak hanya konsumen perseorangan, namun tentunya berdampak positif pula untuk perusahaan. Banyak perusahaan yang memanfaatkan keberadaan ekspedisi serupa guna menunjang aktivitas mereka. Sebut saja pengiriman barang kepada klien yang berada di luar kota maupun luar negeri. Biasanya mereka mempercayakan pengiriman barang yang tepat waktu dan bisa menjaga kualitas barang.

Walaupun dipatok dengan harga murah, kelebihan yang ditawarkan pihak ekspedisi sangatlah menggiurkan. Sayangnya, Anda perlu pula memperhatikan beberapa hal sebelum memilih perusahaan. Entah itu ekspedisi untuk keperluan bisnis maupun pribadi, Anda tetap harus mempertimbangkan hal-hal berikut.

Kemasan paket

Pada dasarnya pengemasan paket memang menjadi tanggungjawab dari pihak pengirim. Sebisa mungkin paket yang dikirimkan dikemas menggunakan bahan yang tahan banting. Jika barang yang dikirim bersifat cair atau mudah pecah, sebaiknya beritahu pihak ekspedisi. Dengan begini, mereka bisa memberi tanda peringatan, berupa sticker pada bagian luar. Jasa pengiriman murah juga akan menanyakan barang yang akan dikirim, guna menjamin keamanannya.

Ada 2 macam kemasan yang disarankan untuk benda-benda mudah pecah. Salah satunya adalah mika yang cukup tebal dan tahan banting, sehingga memungkinkan barang tetap aman. Selain itu, adapula packing kayu yang bisa Anda minta dari perusahaan ekspedisi. Kemasan ini jauh lebih aman dari kemungkinan terbanting ataupun pecah saat di perjalanan. Pasalnya pengemasan dilakukan oleh pihak ekspedisi yang telah berpengalaman, untuk memuaskan para pelanggan.

Dokumentasikan kemasan paket

Kita tidak pernah tahu seberapa besar kemungkinan barang akan tercecer atau mengalami kerusakan saat di perjalanan. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mendokumentasikan kemasan paket sebelum dikirim. Ambillah beberapa foto sebagai bukti bahwa barang yang hendak dikirim dalam keadaan aman dan terjamin keselamatannya. Minta pula pada penerima untuk membuka paket sesaat setelah menerimanya dan memberitahu kondisi paket kepada Anda.

Dengan begini, penerima ataupun Anda bisa melakukan klaim terhadap kerusakan. Inipun jika ditemukan kerusakan pada barang maupun kemasan yang dikirim melalui jasa ekspedisi murah. Klaim dapat dilakukan selama Anda masih menyimpan bukti pengiriman atau lebih dikenal dengan istilah resi. Alasan inilah yang mengharuskan mengapa resi pengiriman disarankan untuk tetap disimpan hingga paket diterima.

Gunakan asuransi

Bila Anda masih merasa keselamatan barang tak begitu maksimal, sebaiknya gunakan jasa asuransi. Meskipun membutuhkan biaya ekstra, penggunaan asuransi akan menjamin barang sampai ke tujuan lebih aman. Andapun bisa meminta penggantian barang jika barang memang hilang saat proses pengiriman dilakukan. Umumnya orang menggunakan jasa asuransi untuk barang-barang yang memiliki nilai tinggi.

Selain itu, gunakan pula pengiriman barang yang bersedia mengantar dari pintu ke pintu. Hal ini memungkinkan barang sampai dengan tepat waktu ke tangan penerima. Sebelum memilih sistem ini, pastikan penerima berada di tempat saat barang dikirimkan. Dengan begitu barang tak harus mengalami kehilangan atau diterima oleh tangan yang salah. Pastikan pula Anda sudah mengetahui berapa besaran biaya yang harus dibayarkan untuk pengantaran barang langsung ke alamat.

Tak hanya 3 hal diatas sebenarnya yang harus Anda cermati dengan seksama. Andapun harus memastikan reputasi pihak ekspedisi sudah terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan. Gunakan pula beberapa rekomendasi orang terdekat akan jasa ekspedisi yang dapat menjamin keamanan barang. Pembayaran di muka pun dapat membantu meringankan kewajiban penerima saat mereka tak berada di tempat. Sehingga barang tetap bisa sampai tanpa harus kembali ke tangan pengirim melalui jasa pengirim barang.