Mengenal Pelayanan Jasa Pengiriman Barang Cargo

pengiriman murah jakartaPelayanan jasa pengiriman pada umumnya adalah sebuah upaya yang mewakili pemilik barang yang ingin melakukan kegiatan pengiriman dan penerimaan barang, yang biasanya menginginkan jasa ekspedisi murah dan juga terjangkau. Jasa pelayanan dalam mengirimkan barang ini juga dapat melalui transportasi darat, transportasi udara, hingga transportasi laut. Biasanya tergantung di mana wilayah atau daerah dari tempat tujuan barang tersebut akan dikirim.

Selain itu juga bukan hanya mencakup kegiatan penerimaan ataupun pengiriman barang. Tetapi juga dapat mencakup hal-hal lainnya seperti sortasi, pengepakan, penandaan, pengukuran, penimbangan, pengurusan dalam menyelesaikan dokumen, penerbitan dokumen dari suatu angkutan, perhitungan biaya angkutan, hingga klaim dari asuransi atas barang yang terkirim, berikut dengan penyelesaian tagihan serta biaya-biaya lainnya. Biaya tersebut juga dapat meliputi diterimanya barang yang dikirim oleh pihak yang berhak menerimanya, dengan kata lain penerima yang telah ditujukan oleh si pengirim barang.

Umumnya, pelayanan jasa dari pengiriman barang ini dapat dilakukan sendiri ataupun bersama-sama. Dengan kata lain dapat berupa skala kecil maupun skala besar, dengan catatan memprioritaskan ke efektifan dan efisien dalam pelaksanaannya. Dengan letak Indonesia yang sangat berpotensi dalam menggunakan jasa ini, karena Indonesia memiliki luas daerah yang terdiri dari banyak pulau. Sehingga pelayanan jasa ini menjadi hal yang sangat dibutuhkan.

Jasa pelayanan pengiriman kargo

Dalam jasa pelayanan pengiriman juga terdapat istilah jasa pengiriman cargo. Cargo atau kargo adalah semua barang yang dikirimkan melalui via udara seperti halnya pesawat terbang, via laut yang menggunakan transportasi kapal, dan via darat yang umumnya menggunakan truk kontainer. Barang yang dikirimkan juga biasanya merupakan barang untuk diperdagangkan, baik secara antar wilayah kota di dalam negeri, maupun di lintas negara atau secara internasional. Inilah yang dikenal dengan istilah ekspor dan juga impor. Meskipun begitu, keperluan lainnya yang termasuk non-komersial dilengkapi dengan adanya dokumen pengangkutan dapat dikategorikan sebagai kargo.

Terdapat pihak-pihak yang berkaitan dengan pengiriman kargo, yaitu seperti shipper atau pihak pengirim, consignee atau pihak penerima, pihak pengangkut, hingga pihak ground handling dan juga warehouse operator. Pihak pengirim sendiri atau shipper dapat perorangan maupun badan usaha yang dilakukan secara langsung tanpa adanya perantara. Atau dapat juga dengan menggunakan atau melalui jasa ekspedisi yang dikenal dengan istilah freight forwarder, dengan kata lain ekspedisi muatan kapal laut maupun pesawat udara.

Proses pengiriman dengan kargo

Banyak pelayanan jasa kargo murah pengiriman via laut, meskipun tidak ada salahnya dalam mengawasi pengerjaan atau proses dari pekerjaan pelayanan tersebut. Proses pekerjaannya, baik secara pengiriman via darat, laut maupun udara, umumnya melewati tahap-tahap berikut ini;

  • Penerimaan barang yang akan dikirim atau dikenal dengan istilah acceptance.
  • Penimbangan barang yang akan dikirim.
  • Membuat dokumen angkut atau Documentation.
  • Proses penarikan dari gudang ke pesawat atau bisa sebaliknya seperti dari pesawat ke gudang.
  • Pemuatan ke pesawat atau pengambilan muatan dari pesawat.
  • Storage atau penyimpanan barang yang akan dikirim.
  • Terakhir yaitu pengiriman barang ke tempat tujuan atau Delivery.

Mengetahui atau mengenal lebih jauh bagaimana proses dari pengiriman barang adalah hal yang harus dilakukan. Oleh karena itu, jika seorang pebisnis atau berada sebagai pemilik dari bisnis jasa pengiriman barang, baik kargo maupun ekspedisi, rasa kepercayaan antar satu sama lain sangat diperlukan sehingga proses pengiriman barang akan berjalan lebih lancar.